Tips Dan Cara Mengatasi Android Lemot

Sama seperti halnya operating system yang digunakan pada Dekstop, sistem operasi pada perangkat handphone juga lama kelamaan akan mengalami penurunan kinerja. Seperti contohnya booting RAM android sangat lama, proses loading lambat, hang dan lain lain.

Nah untuk mengatasi sistem operasi yang lama khususnya pada android berikut tips dan cara agar perangkat bekerja lebih baik lagi:


1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui istilah cache. Cache adalah file sampah yang disimpan sementara pada perangkat android. Keberadaan cache ini akan terus bertambah jika tidak dihapus, dan tentunya akan mengambil banyak memori internal yang selanjutnya akan mengurangi kinerja pernagkat android kita. Untuk mengatasinya kita bisa dengan menghapus cache ini secara berkala dengan  cara masuk menu Pengaturan -- App/Apk/Apl kemudian pilih aplikasi yang sering dijalankan lalu klik Hapus Cache. Atau kita juga bisa memasang aplikasi Cache Cleaner / History Eraser.

2. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper adalah wallpaper bergerak, selain boros dalam penggunaan battery live wallpaper juga akan mengurangi kinerja android kita. Sebaiknya gunakan wallpaper biasa dengan cara masuk menu Pengaturan -- Display dan ganti dengan gambar statis.

3. Kurangi Aplikasi / Game Yang Kurang Penting

Inilah salah satu keunggulan android, sangat banyak tersedia aplikasi / game gratis yang bisa diinstall dari Google Play Store. Maka dari itu terkadang kita tidak melihat bahwa seberapa penting aplikasi / game itu untuk kita, padahal hal ini akan mengurangi kinerja android kita.Cara menghapusnya kita bisa masuk ke Google Play Store -- My Apps atau bisa melalui menu Pengaturan -- App/Apk/Apl -- All/Semua kemudian hapus aplikasi.

4. Kurangi Penggunaan Widged

Widged adalah Shortcut dan Icon yang menampilkan informasi realtime pada layar awal. Dengan karakter selalu mengambil dan menampilkan informasi secara realtime, maka dengan semakin banyak penggunaan widged akan mengurangi kinerja sistem operasi. Selain itu juga akan menambah pemakaian battery dan bandwith akan cepat habis. Oleh karena itu sebaiknya kurangi penggunaan widged ini.

5. Gunakan MicroSD Berkecepatan Tinggi

MicroSD atau yang sering kita sebut dengan kartu memor. Dengan menambahkan kartu memori ini akan menambahkan ruang penyimpanan lebih luas, namun di lain sisi microSD juga akan berpotensi membuat android lebih lemot karena membutuhkan komunikasi untuk membaca dan menulis data di luar penyimpanan internal. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan kartu memori dengan kecepatan tinggi, kartu dengan kelas 6 atau 10 mungkin bisa menjadi pilihan.

6. Jangan Menumpuk SMS

Banyak pengguna ponsel yang meremehkan tumpukan sms dalam inbox atau outbox mereka, padahal ini juga akan memakan memori internal ponsel. Jika dibiarkan tumpukan sms ini akan memperlambat kinerja ponsel android kita. oleh sebab itu sebaiknya lakukan penghapusan berkala terhadap sms lama yang tidak diperlukan lagi.



Demikianlah sedikit tips dan cara mengatasi perangkat smartphone android yang lemot atau lambat. Semoga bisa menjadi referensi dan manfaat bagi sobat semua. Jika dari sobat memiliki cara lain bisa berbagi ilmu di kolom komentar di bawah. Tks

0 comments: